Monday, April 16, 2007

Tugas SIM BAB I hal. 25

1. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik?
Jawab :

Manusia
Material
Mesin
Uang

2. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi?
Jawab :
Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.

3. Aplikasi computer apakah yang pertama menyadari kebutuhan informasi manajer?
Jawab :
Gagasan untuk menggunakan kompute sebagai suatu Sistem Informasi Manajemen ( SIM ), meerupakan suatu terobosan besar, karena menyadari bahwa para manajer memerlukan informasi untuk memecahkan masalah.

4. Apa saja tiga golongan pemakai computer?
Jawab :
Kita mengetahui bahwa para pemakai computer meliputi :
Manajer
Non-Manejer
Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan

5. Apa saja tiga tingkat manajemen?
Jawab :
Tingkat Perencanaan Strategis
Tingkat Pengendalian Manajemen
Tingkat Pengendalian Operasional

6. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen?
Jawab :
Kalau Area Bisnis adalah tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan yang dilakukan. Sedangkan kalau Fungsi Manajemen adalah menurut Henri Fayol pertama, manajer merencanakan (plan) apa yang akan mereka lakukan, kemudian mereka mengorganisasikan (organize) unuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya, mereka menyusun staf (staff) organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang ada, mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana. Akhirnya mereka mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.

7. Apa saja tiga kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan?
Jawab :
Meliputi aktivitas antar-pribadi (interpersonal), informasi (informational) dan keputusan (decisional)

8. Buku ini menyebutkan dua keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer. Apakah itu?
Jawab :
Yaitu, komunikasi dan pemecahan masalah.

9. Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan?
Jawab :
Kalau pemecahan masalah adalah sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan. Sedangkan kalau pengambilan keputusan adalah tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan.

10. Suatu iklan alat pencukur dengan pisau ganda yang dapat diganti menyatakan dirinya sebagai suatu system mencukur. Apakah alat pencukur tersebut benar-benar suatu system? Apa saja elemen-elemennya? Apakah tujuannya?
Jawab :
Ya, karena memliki elemen-elemen sumber daya input yang diubah menjadi sumeber daa output. Elemen-elemennya seperti gagang pisau cukur, pisau cukur ada dua yang memiliki kegunaan yang berbeda. Tujuannya agar hasil cukuran maximal dan lebih halus.


11. Daftarkan elemen-elemen yang terdapat dalam suatu system lingkaran tertutup. Berikan tanda bintang di sebelah elemen-elemen yang juga terdapat dalam suatu system lingkaran terbuka?
Jawab :
Tujuan, Mekanisme pengendalia(*), dan lingkaran umpan balik.

12. Dapatkah Anda menyebutkan suatu perusahaan yang tidak mengubah input menjadi output? Jika ada, jelaskan.
Jawab :
Tidak ada.

13. Apakah mekanisme pengendalian dari suatu perusahaan?
Jawab :
Mekanisme pengendalinnya adalah manajemen perusahan, tujuannya adalah sasaran-sasaran yang ingin dicapai perusahaan, dan lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kepada manajemen maupun dari manajemen.

14. Setiap hari, suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan. Apakah tagihan-tagihan ini data atau informasi?jelaskan.
Jawab :
Data, karena terdiri dari angka-angka dan angka-angka itu merupakan informasi bagi pemakai telepon.

15. Apa saja lima subsistem CBIS? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dari istilah-istilah berikut : data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik.
Jawab :
Sistem Informasi Akuntansi (data)
Sistem informasi Manajemen (konsultasi)
Sistem pendukung keputusan (komunikasi)
Kantor Maya (informasi)
Sistem pakar (masalah spesifik)

16. Sebutkan para spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai.
Jawab :
Analis system
Pengelola database
Spesialis jaringan
Progamer
Operator

17. Seorang manajer di bagian keuangan mendapatkan computer personal dan satu paket perangkat lunak spreadsheet elektronik, mempelajari cara memakainya dengan menggunakan tutorial, dan menghasilkan laporan rugi-laba bulanan perusahaan. Apakah ini contoh EUC? Jelaskan jawaban anda.
Jawab :
Ya, karena ia menggunakan produk akhir suatu system berbasis computer. Jadi, EUC adalah pengembangan seluruh atau sebagian system berbasis computer oleh para pemakai.

18. Apakah menurut Anda manajer pada pertanyaan No. 17 mengerti computer? Mengerti informasi? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena selama awal 1980-an, dampak dari program-program pendidikan computer di tingkat universitas dan pra-universitas sangat terasa. Berbagai tingkatan manajemen, terutama di tingkat bawah, mulai diisi oleh orang-orang yang mengerti computer.

19. Sebutkan tiga pendekatan yang digunakan untuk menimbang-nilai system EDP. Dua pendekatan manakah yang paling berhasil?
Jawab :
Peningkatan efisiensi atau pengurangan investasi
Menerapkan laporan yang baru kemudian membandingkan laba pada periode selama laporan tersebut digunakan dengan laba periode sebelumnya.

20. Mengapa sukar untuk menimbang-nilai subsistem CBIS yang berorientasi informasi, seperti SIM atau DSS?
Jawab :
SIM atau DSS dapat menghsilkan laporan yang berharga, tetapi seberapa berhargakah laporan itu ? pertanyaan yang sama dapat diajukan untuk pesan surat elektronik atau konsultasi yang disediakan system pakar.

21. Apa saja lima tahap siklus hidup system? Apa peran spesialis informasi dalam tahap pertama? Peran manajer dalam empat tahap selanjutnya?
Jawab :
Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan, Penggunaan. Peran spesialis pada tahap pertama adalah mendukung, sedangkan peran manajer dalam empat tahap selanjutnya adalah mengendalikan.

1 comment:

rhytmicsoul said...

Thx bgt!!

sumpah,,isi dari pertanyaannya,,sama persis sama tugas gw!!

skali lg thx ya!


_rJ_