Monday, April 16, 2007

TUGAS SIM BAB II hal. 43

1. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab :
Perusahaan merupakan suatu system terbuka, dalam arti berhubungan dengan lingkungannnya. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi barang dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah itu kepada lingkungannya. Lingkungan sangat berarti bagi perusahaan. Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan lingkungan tertentu, dan menanamkan modalnya sehinggan perusahaan dapat melaksanakan aktivitas ini. Lingkungan kemudian menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa.

2. Apa sajakah delapan elemen lingkungan?
Jawab :
Masyarakat
Pemasok
Pelanggan
Serikat buruh
Masyarakat keuangan
Pemegang saham atau pemilik
Pesaing
Pemerintah masyarakat global.

3. Apakah marjin, itu dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif?
Jawab :
Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya. Hubungannya dengan keunggulan kompetitif yaitu jika perusahaan menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pada pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

4. Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya?
Jawab :
Aktivitas nilai utama yaitu yang berhubungan dengan produksi dan penawaran yang lebih besar kepada pelanggan dari pada yang dilakukan oleh pesaing ( Aktivitas manufaktur dan penjualan ). Sedangkan aktuvitas nilai pendukungnya menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. ( departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran dan departemen akuntansi )

5. Apakah rantai nilai itu?
Jawab :
Rantai nilai adalah dibentuk menyerupai tanah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas utam tampak di lapisan bawah dan mencakup logistic masuk yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic keluar yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan.

6. Apakah sistem nilai itu?
Jawab :
Sistem nilai adalah perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi bekerja sama sebagai suatu unit tunggal yang terkoordinasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

7. Daftarkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang selalu ditempatkan dalam jasa informasi?
Jawab :
Perangkat keras computer
Perangkat lunak computer
Spesialis informasi
Pemakai
Fasilitas
Database
Informasi

8. Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walau pun ia tidak memiliki gelar itu? Jelaskan alasan Anda.
Jawab :
Dapat, karena istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar. Istilah ini memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh manajer jasa informasi tingkat puncak. Seperti dimaksudkan oleh konsep tersebut, CIO adalah manajer jasa informasi yang menyumbang keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan.

9. Dapatkah kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO? Jelaskan.
Jawab :
Dapat, karena mungkin dengan kesarjanaan yang dimiliki dapat menyumbangkan keahliannnya dalam membantu seoarang CIO.

10. Apakah manajemen informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama decade terakhir? Jelaskan.
Jawab :
Saat perusahaan memperoleh semakin banyak sumber daya informasi, dan sumber daya tersebut tersebar diseluruh perusahaan, tugas manajemen sumber daya informasi menjadi lebih rumit karena tanggung jawab manajemen tidak hanya berada pada puncak CIO, tetapi semua manajer dalam perusahaan.

11. Sebutkan satu kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi.
Jawab :
Kelemahan atau kekurangan dasar dalam transformasi kumpulan strategi adalah kenyataan bahwa area-area fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan.

12. Apakah dua elemen yang harus disertakan dalam suatu rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab :
Tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap subsistem CBIS selama periode yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan
Sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut

13. Apa sajakah empat kelompok pemakai akhir?
Jawab :
Pemakai akhir tingkat menu
Pemakai akhir tingkat perintah
Pemakai akhir tingkat perintah
Personil pendukung fungsional

14. Apakah manfaat utama EUC? Apakah risiko utamanya? Bagaimana risiko ini dapat dikurangi?
Jawab :
EUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama :
EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan system
EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi
Risiko EUC :
Sistem yang buruk sasarannya
Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
Hilangnya integritas data
Hilangnya keamanan
Hilangnya pengendalian
Mengenai risiko, jenis pengendalian yang sama dengan yang telah bekerja baik pada jasa informasi harus ditetapkan pada area pemakai

15. Bagaimana suatu penelitian pada bagan organisasi perusahaan dapat memberikan petunjuk bahwa perusahaan sedang berusaha mencapai IRM?
Jawab :
Agar suatu perusahaan dapat mencapai IRM secara penuh, perlu ada satu set kondisi tertentu. Kondisi-kondisi tersebut meliputi :
Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis

16. Jika manajer puncak dalam area jasa informasi memiliki gelar CIO, apakah ini berarti bahwa perusahaan mempraktekkan IRM? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena CIO memberi kontribusi, jika memungkinkan, pada pemecahan masalah yang mempengaruhi seluruh operasi perusahaan, bukan hanya operasi jasa informasi. Kesadaran ini paling mudah ditunjukkan dengan menyertakan CIO dalam komite eksekutif.

17. Ditempatkan dimanakah sumber daya informasi yang merupakan subyek dari rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab :
Terdapat suatu rencana formal untuk memperoleh dan mengelola sumber daya informasi. Sumber daya itu harus mencakup yang berada pada area pemakai maupun jasa informasi.

No comments: