Wednesday, April 18, 2007

TUGAS SIM BAB V, hal. 105

Pertanyaan
1. Dalam hal moral,etika dan hukum yg mana yg anda piker paling seragam dari suatu Negara ke Negara lain? Yg mana yg paling kurang seragam?

2. Pembatasan hukum apa yg telah diterapkan bagi pengguna computer oleh pemerintah?

3. Bagaimana manajemen puncak menciptakan budaya etika?

4. Komitmen Security pacific yg mana saja yg bersifat internal? Yg mana bersifat eksternal?

5. Berikan dua unsur dari program etika perusahaan?

6. Apakah dua kegiatan utama etika computer,seperti dinyatakan oleh James Moor?

7. Siapa yg bertanggung jawab atas etika computer dalam perusahaan?

8. Definisikan kelenturan logika?

9. Definisikan factor transformasi?

10. Apakah 3 bentuk dari factor tak berwujud?

11. Bagaimana Deborah Johnson memandang hak masyarakat yg berhubungan dengan computer?

12. Bagaimana hak yg sama dipandang oleh Richard Mason?

13. Bagaimana kontrak social yg dijelaskan dalam bab ini berkaitan dengan PAPA?

14. Apa 5 faktor yg mempengaruhi perilaku seorang CIO?

15. Bagaimana suatu perusahaaan dapat mengerti ,atau menghargai perilaku etis?

Jawaban
1. a.Hukum
b.Etika

2. Seseorang tidak boleh dan akan dikenakan hukuman ,apabila mengakses informasi yg berkaitan dengan pertahanan nasional dan Hub luar negeri.

3. Dimana Manajemen puncak harus etis dalam semua tindakan dan kata2nya.

4. Internal= -Komitmen kepada pelanggan,-Komitmen kpd karyawan,-Komitmen dari karyawan kpd Security Pacific,-Komitmen dari karyawan kpd karyawan.

4. Eksternal= -Komitmen kpd masyarakat,-Komitmen kpd Pemegang saham.

5. Komitmen dan tujuan.

6. -Waspada dan sadar bagaimana computer mempengaruhi masyarakat.
-Karena itu harus berbuat sesuai dgn memformulasikan kebijakan2 yg memastikan bahwa teknologi digunakan secara tepat.

7. CIO dan Manajemen Puncak.

8. Kemampuan memprogram computer untuk melakukan apapunyg kita inginkan.

9. Alasan kepedulian pada etika computer didasarkan pada fakta bahwa computer dapat mengubah secara drastic cara kita melakukan sesuatu.

10. -Nilai2 pemprograman
-Perhitungan rumit yg tidak terlihat.
-Penyalahgunaan yg tidk terlihat.

11. Masyarakat mrmiliki hak atas akses computer,spesialis computer,pengambilan keputusan computer.

12. Dengan menggambarkan empat hak asasi masyarakat dalam hal informasi.

13. Kontrak social ini untuk memecahkan permasalahan etika computer,jasa informasi harus masuk dalam suatu kontrak social.

14. Hukum,Budaya etika perusahaan,Tekanan social, Kode etik Profesi,Tekanan pribadi.

15. Dengan menerapkan 4 hak asasi masyarakat dalam hal informasi.

TUGAS SIM BAB IV, hal. 88

Pertanyaan
1. Kemampuan apa saja yang membedakan suatu MNC(Multinational Corporation)?

2. Apakah sumber ketidakpastian bagi MNC?

3. Bagaimana para eksekutif MNC memberi respon pada ketidakpastian?

4. Yang mana dari empat struktur organisasi MNC yg sangat membutuhkan jaringan komunikasi MNC? Jelaskan

5. Bagaimana seorang spesialis informasi dapat menerapkan teori struktur organisasi dan dimensi-dimensi informasi MNC?

6. Satu kata apakah yg menggambarkan kunci mencapai keunggulan kompetitif bagi MNC?

7. Strategi bisnis global yg mana yang paling menarik bagi ekskutif yg menyukai pengendalian terpusat? Yg mana yg paling tidak menarik?

8. Strategi global mana yg membutuhkan suatu tim pengembangan multinasional?

9. Apakah system informasi global berbeda dari CBIS? Jelaskan

10. Apakah hubungan,jika ada antara penggerak bisnis global dan rencana strategis sumber daya informasi MNC?

11. Apakah semua MNC dalam suatu industri diarahkan oleh penggerak bisnis global yg sama? Jelaskan

12. Bagaimana pemerintah nasional dari anak-anak perusahaan menciptakan masalah teknologi bagi MNC?

13. Mengapa anda perlu mengevaluasi situasi pemasok local di anak perusahaan sebelum menentukan perangkat lunak dan perangkat keras apa yg akan digunakan?

14. Mana yg lebih penting dalam mencapai standarisasi diseluruh MNC,data atau proses?

Jawaban

1. Perbedaan antara jumlah informasi yg diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yg dimiliki perusahaan.

2. Perbedaan jumlah informasi yg dimiliki.

3. Menggunakan secara baik teknologi informasi.

4. Divisi internasional,karena divisi ini dimana semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada divisi internasional MNC yg terpisah dari divisi domestic.

5. Dengan mengikuti empat strategi bisnis,yaitu system informasi global.

6. Koordinasi.

7. a.Strategi global.
b.Strategi transnasional.

8. Strategi transnasional.

9. iya,karena GIS merupakan system dari jaringan2 yg melintasi batas2 negara,sedangkan CBIS adl system berbasis computer.

10. Menjadi dasar bagi rencana strategis sumber daya informasi perusahaan.

11. Tidak,karena penggerak MNC dipengaruhi oleh jenis industri ,Negara tempat beroperasi,dan karakteristik MNC itu sendiri.

12. Dengan tidak tersedia cukup sumber energi,sirkuit telekomunikasi hanya dapat data dengan kecepatan rendah.

13. Karena ketersediaan penjual akan mempengaruhi spesifikasi perangkat keras&lunak.

14. Data.

Monday, April 16, 2007

TUGAS SIM BAB III hal. 70


1. Misalkan perusahaan-perusahaan tidak mencapai perdagangan melalui jaringan elektronik dalam arti terluasnya, yang mana dari delapan elemen lingkungan yang paling sering disertakan?
Jawab :
Elemen yang sering disertakan adalah Pemerintah

2. Apa yang menghalangi lebih banyak perusahaan untuk ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik?
Jawab :
Yang menghalangi lebih banyak perusahaan untuk ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik adalah :
Biaya tinggi
Masalah keamanan
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

3. Apa nama yang digunakan untuk informasi yang menjelaskan elemen-elemen lingkungan perusahaan?
Jawab :
Nama yang digunakan untuk informasi yang menjelaskan elemen-elemen lingkungan perusahaan adalah Intelejen

4. Apakah istilah Intelejen kompetitif dan Intelejen bisnis memiliki arti yang sama? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena sekarang pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi lingkungan merupakan aplikasi computer penting dalam banyak perusahaan diseluruh dunia. Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing perusahaan, sehingga tercipta istilah intelejen kompetitif dan bila didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelejen bisnis.

5. Bedakan antara data primer dan data sekunder.
Jawab :
Kalau data primer dikumpulkan oleh perusahaan, sedangkan kalau data sekunder dikumpulkan oleh orang lain dan disediakan untuk perusahaan.

6. Bagaimana penyebaran intelejen bisnis dapat dibuat efisien?
Jawab :
Suatu pendekatan canggih untuk penyebaran yang dibuat efisien adalah dengan menyiapkan profil intelejen untuk tiap pemakai, yang menjelaskan dalam bntuk kode topic-topik intelejen yang ingin dipantau pmakai. Profil ini disimpan dalam computer, dan ketika datang sepotong intelejen yang cocok dengan profil tersebut, intelejen itu tersedia bagi pemakai. Teknik ini disebut penyebaran informasi selektif.

7. Database berbasis WEB apakah yang tersedia dari pemerintah federal yang mungkin membantu pemasar? Jelaskan data apa yang mungkin dicari pemasar. Bagaimana seseorang di bagian sumber daya manusia dapat menggunakan database pemerintah?
Jawab :
Database EDGAR. Data dan pelayanan data bagi perusahaan-perusahaan. Seseorang di bagian sumber daya manusia dalam perusahaan dapat masuk ke catatan-catatan Security and Exchange Commission.

8. Dalam dua bentuk apakah penjual database komersial menyediakan produknya?
Jawab :
LEXIS-NEXIS (WWW.LEXIS-NEXIS.COM) menyediakan informasi hukum, keuangan, dan pemerintah dari sumber yang sangat beragam. Dialog (WWW.DIALOG.COM) meliputi berita, bisnis, pemerintah, dan sumber-sumber lain.

9. Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi dalam IOS? Apa nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi?
Jawab :
Nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi dalam IOS adalah Mitra dagang atau Mitra bisnis, sedangkan nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi adalah Sponsor IOS.

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah pengisian kembali oleh penjual (vendor stock replenishment-VSR). Apa dampaknya, jika ada, pada keamanan komputer perusahaan?
Jawab :
Bila IOS memiliki kemampuan pengisian kembali persediaan oleh penjual, penjual, atau pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Ini mengharuskan perusahaan untuk memberikan akses database bagi pemasok. Agar lebih terlindung, perusahaan mungkin membuat salinan dari bagian database yang kurang sensitive dan membolehkan pemasok mengakses salinan tersebut dari pada system database perusahaan. Ketika persediaan untuk suatu jenis barang mencapai titik pemesanan kembali, pemasok secara otomatis menciptakan pesanan pembelian dan memenuhi pesanan tersebut.

11. Jelaskan perbedaan antara manfaat langsung dan tidak langsung EDI.
Jawab :
Kalau manfaat langsung sering diukur dengan mata uang, dapat memberikan pertimbangan ekonomis yang kuat untuk menggunakan EDI, sedangkan kalau manfaat tidak langsung dapat juga dilihat oleh manajemen puncak sebagai alas an sesungguhnya untuk menyetujui strategi EDI.

12. Apa yang membedakan pemakai EDI tingkat tiga dengan pemakai tingkat satu dan tingkat dua?
Jawab :
Kalau pemakai tingkat tiga bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

13. Jelaskan perbedaan antara manfaat langsung dan tidak langsung EDI.
Jawab :
Kalau manfaat langsung sering diukur dengan mata uang, dapat memberikan pertimbangan ekonomis yang kuat untuk menggunakan EDI, sedangkan kalau manfaat tidak langsung dapat juga dilihat oleh manajemen puncak sebagai alas an sesungguhnya untuk menyetujui strategi EDI.

14. Bagaimana teknologi baru XML/EDI akan mengubah pertukaran informasi elektronis antar –perusahaan saat ini?
Jawab :
XML adalah perluasan dari hypertext markup language yaitu kode yang digunakan di sebagian besar halaman Web saat ini. Kemampuan XML dapat menyediakan struktur pemformatan file dan suatu cara untuk menjelaskan data dalam file itu. Karakteristik ini memungkinkan halaman Web melaksanakan banyak fungsi yang sekarang hanya dilaksanakan oleh EDI.dan kelompok pendukung XML yang vocal mempromosikan XML/EDI sebagai platform yang akan membawa EDI kepada jutaan pemakai internet. Sebagai contoh (
WWW.ECEUROPE.ORG), suatu organisasi nirlaba yang bertindak sebagai titik temu bagi perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan perusahaan-perusahaan yang mengembangkan /menyediakan teknologi yang diperlukan oleh perdagangan melalui jaringan elektronik.

15. Pengaruh apa sajakah yang menentukan apakah suatu perusahaan akan menggunakan pertukaran data elektronis?
Jawab :
Pengaruh-pengaruh itu bersifat internal dan satu berasal dari lingkungan, yaitu :
Tekanan persaingan
Kekuasaan yang dilaksanakan
Kebutuhan internal
Dukungan manajemen puncak

16. Jenis penjual yang mana yang terlibat bila teknologi dari perdagangan melalui jaringan elektronik adalah sambungan langsung?
Jawab :
Jasa AT & T, GTE, MCI, dan sprint. Sirkuit-sirkuit itu berbentuk saluran dial-up atau pribadi dan dapat menggunakan beragam jenis sirkuit seperti serat-optik dan transmisi gelombang mikro.

17. Apa yang disediakan oleh penjual VAN?
Jawab :
Penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yng diperlukan untuk mengguanakan sirkuit itu bagi EDI.

18. Apakah internet sama dengan World-Wide Web? Jelaskan.
Jawab :
Tidak sama, karena kalau internet adalah nama yang diberikan pada koleksi jaringan computer terbesar disseluruh dunia, masing-masing terdiri dari jaringan-jaringan yang lebih kecil. Internet menyediakan struktur jaringan sedangkan W3 adalah ruang informasi di internet tempat dokumen-dokumen hypermedia disimpan dan dapat diambil melalui suatu skema alamat yang unik serta Web menyediakan metode untuk menyimpan dan mengembil dokumen-dokumennya. Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan computer. W3 adalah kumpulan computer yang bertindak sebagai server internet yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan orang melihat teks, grafik, dan audio maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di Web.

19. Disebut apakah lokasi di WWW? Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB?
Jawab :
URL dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP

20. Apakah browser?
Jawab :
Browser adalah suatu system perangkat lunak yang memungkinkan kita mengambil hypermedia dengan mengetik parameter pencarian atau mengklik suatu grafik. Kemampuan ini membebaskan kita dari keharusan untuk mengetahui URL dari Web page yang berisi informasi yang kita butuhkan.

21. Apa yang perlu Anda ketahui agar dapat menggunakan FTP atau Gopher untuk mengambil suatu file dari internet?
Jawab :
URL dari situs Web tersebut

22. Apakah suatu firewall dibuat dari perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya? Jelaskan.
Jawab :
Firewall dibuat dari perangkat lunak yang merupakan suatu filter yang membatasi arus data antara jaringan internal perusahaan dan internet. Ide dibalik firewall adalah membangun satu pengaman untuk semua computer di dalam jaringan daripada pengaman tersendiri untuk tiap computer.

23. Jelaskan perbedaan antara internet, ekstranet, dan intranet.
Jawab :
Kalau internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi baik di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Sedangkan kalau intranet digunakan untuk komunikasi internal saja dan kalau ekstranet digunakan untuk komunikasi diluar perusahaan saja.

24. Jenis pemasaran apa yang paling baik untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari internet?
Jawab :
Jenis pemasaran Industrial

25. Mengapa pemasaran memperoleh manfaat paling banyak dari internet?
Jawab :
Karena dengan adanya internet kegiatan pemasaran atau para pemasar mendapatkan jalan masuk baru kepasar mereka.

TUGAS SIM BAB II hal. 43

1. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab :
Perusahaan merupakan suatu system terbuka, dalam arti berhubungan dengan lingkungannnya. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi barang dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah itu kepada lingkungannya. Lingkungan sangat berarti bagi perusahaan. Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan lingkungan tertentu, dan menanamkan modalnya sehinggan perusahaan dapat melaksanakan aktivitas ini. Lingkungan kemudian menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa.

2. Apa sajakah delapan elemen lingkungan?
Jawab :
Masyarakat
Pemasok
Pelanggan
Serikat buruh
Masyarakat keuangan
Pemegang saham atau pemilik
Pesaing
Pemerintah masyarakat global.

3. Apakah marjin, itu dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif?
Jawab :
Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya. Hubungannya dengan keunggulan kompetitif yaitu jika perusahaan menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pada pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

4. Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya?
Jawab :
Aktivitas nilai utama yaitu yang berhubungan dengan produksi dan penawaran yang lebih besar kepada pelanggan dari pada yang dilakukan oleh pesaing ( Aktivitas manufaktur dan penjualan ). Sedangkan aktuvitas nilai pendukungnya menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. ( departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran dan departemen akuntansi )

5. Apakah rantai nilai itu?
Jawab :
Rantai nilai adalah dibentuk menyerupai tanah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas utam tampak di lapisan bawah dan mencakup logistic masuk yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic keluar yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan.

6. Apakah sistem nilai itu?
Jawab :
Sistem nilai adalah perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi bekerja sama sebagai suatu unit tunggal yang terkoordinasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

7. Daftarkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang selalu ditempatkan dalam jasa informasi?
Jawab :
Perangkat keras computer
Perangkat lunak computer
Spesialis informasi
Pemakai
Fasilitas
Database
Informasi

8. Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walau pun ia tidak memiliki gelar itu? Jelaskan alasan Anda.
Jawab :
Dapat, karena istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar. Istilah ini memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh manajer jasa informasi tingkat puncak. Seperti dimaksudkan oleh konsep tersebut, CIO adalah manajer jasa informasi yang menyumbang keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan.

9. Dapatkah kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO? Jelaskan.
Jawab :
Dapat, karena mungkin dengan kesarjanaan yang dimiliki dapat menyumbangkan keahliannnya dalam membantu seoarang CIO.

10. Apakah manajemen informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama decade terakhir? Jelaskan.
Jawab :
Saat perusahaan memperoleh semakin banyak sumber daya informasi, dan sumber daya tersebut tersebar diseluruh perusahaan, tugas manajemen sumber daya informasi menjadi lebih rumit karena tanggung jawab manajemen tidak hanya berada pada puncak CIO, tetapi semua manajer dalam perusahaan.

11. Sebutkan satu kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi.
Jawab :
Kelemahan atau kekurangan dasar dalam transformasi kumpulan strategi adalah kenyataan bahwa area-area fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan.

12. Apakah dua elemen yang harus disertakan dalam suatu rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab :
Tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap subsistem CBIS selama periode yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan
Sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut

13. Apa sajakah empat kelompok pemakai akhir?
Jawab :
Pemakai akhir tingkat menu
Pemakai akhir tingkat perintah
Pemakai akhir tingkat perintah
Personil pendukung fungsional

14. Apakah manfaat utama EUC? Apakah risiko utamanya? Bagaimana risiko ini dapat dikurangi?
Jawab :
EUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama :
EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan system
EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi
Risiko EUC :
Sistem yang buruk sasarannya
Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
Hilangnya integritas data
Hilangnya keamanan
Hilangnya pengendalian
Mengenai risiko, jenis pengendalian yang sama dengan yang telah bekerja baik pada jasa informasi harus ditetapkan pada area pemakai

15. Bagaimana suatu penelitian pada bagan organisasi perusahaan dapat memberikan petunjuk bahwa perusahaan sedang berusaha mencapai IRM?
Jawab :
Agar suatu perusahaan dapat mencapai IRM secara penuh, perlu ada satu set kondisi tertentu. Kondisi-kondisi tersebut meliputi :
Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis

16. Jika manajer puncak dalam area jasa informasi memiliki gelar CIO, apakah ini berarti bahwa perusahaan mempraktekkan IRM? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena CIO memberi kontribusi, jika memungkinkan, pada pemecahan masalah yang mempengaruhi seluruh operasi perusahaan, bukan hanya operasi jasa informasi. Kesadaran ini paling mudah ditunjukkan dengan menyertakan CIO dalam komite eksekutif.

17. Ditempatkan dimanakah sumber daya informasi yang merupakan subyek dari rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab :
Terdapat suatu rencana formal untuk memperoleh dan mengelola sumber daya informasi. Sumber daya itu harus mencakup yang berada pada area pemakai maupun jasa informasi.

Tugas SIM BAB I hal. 25

1. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik?
Jawab :

Manusia
Material
Mesin
Uang

2. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi?
Jawab :
Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.

3. Aplikasi computer apakah yang pertama menyadari kebutuhan informasi manajer?
Jawab :
Gagasan untuk menggunakan kompute sebagai suatu Sistem Informasi Manajemen ( SIM ), meerupakan suatu terobosan besar, karena menyadari bahwa para manajer memerlukan informasi untuk memecahkan masalah.

4. Apa saja tiga golongan pemakai computer?
Jawab :
Kita mengetahui bahwa para pemakai computer meliputi :
Manajer
Non-Manejer
Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan

5. Apa saja tiga tingkat manajemen?
Jawab :
Tingkat Perencanaan Strategis
Tingkat Pengendalian Manajemen
Tingkat Pengendalian Operasional

6. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen?
Jawab :
Kalau Area Bisnis adalah tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan yang dilakukan. Sedangkan kalau Fungsi Manajemen adalah menurut Henri Fayol pertama, manajer merencanakan (plan) apa yang akan mereka lakukan, kemudian mereka mengorganisasikan (organize) unuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya, mereka menyusun staf (staff) organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang ada, mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana. Akhirnya mereka mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.

7. Apa saja tiga kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan?
Jawab :
Meliputi aktivitas antar-pribadi (interpersonal), informasi (informational) dan keputusan (decisional)

8. Buku ini menyebutkan dua keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer. Apakah itu?
Jawab :
Yaitu, komunikasi dan pemecahan masalah.

9. Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan?
Jawab :
Kalau pemecahan masalah adalah sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan. Sedangkan kalau pengambilan keputusan adalah tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan.

10. Suatu iklan alat pencukur dengan pisau ganda yang dapat diganti menyatakan dirinya sebagai suatu system mencukur. Apakah alat pencukur tersebut benar-benar suatu system? Apa saja elemen-elemennya? Apakah tujuannya?
Jawab :
Ya, karena memliki elemen-elemen sumber daya input yang diubah menjadi sumeber daa output. Elemen-elemennya seperti gagang pisau cukur, pisau cukur ada dua yang memiliki kegunaan yang berbeda. Tujuannya agar hasil cukuran maximal dan lebih halus.


11. Daftarkan elemen-elemen yang terdapat dalam suatu system lingkaran tertutup. Berikan tanda bintang di sebelah elemen-elemen yang juga terdapat dalam suatu system lingkaran terbuka?
Jawab :
Tujuan, Mekanisme pengendalia(*), dan lingkaran umpan balik.

12. Dapatkah Anda menyebutkan suatu perusahaan yang tidak mengubah input menjadi output? Jika ada, jelaskan.
Jawab :
Tidak ada.

13. Apakah mekanisme pengendalian dari suatu perusahaan?
Jawab :
Mekanisme pengendalinnya adalah manajemen perusahan, tujuannya adalah sasaran-sasaran yang ingin dicapai perusahaan, dan lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kepada manajemen maupun dari manajemen.

14. Setiap hari, suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan. Apakah tagihan-tagihan ini data atau informasi?jelaskan.
Jawab :
Data, karena terdiri dari angka-angka dan angka-angka itu merupakan informasi bagi pemakai telepon.

15. Apa saja lima subsistem CBIS? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dari istilah-istilah berikut : data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik.
Jawab :
Sistem Informasi Akuntansi (data)
Sistem informasi Manajemen (konsultasi)
Sistem pendukung keputusan (komunikasi)
Kantor Maya (informasi)
Sistem pakar (masalah spesifik)

16. Sebutkan para spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai.
Jawab :
Analis system
Pengelola database
Spesialis jaringan
Progamer
Operator

17. Seorang manajer di bagian keuangan mendapatkan computer personal dan satu paket perangkat lunak spreadsheet elektronik, mempelajari cara memakainya dengan menggunakan tutorial, dan menghasilkan laporan rugi-laba bulanan perusahaan. Apakah ini contoh EUC? Jelaskan jawaban anda.
Jawab :
Ya, karena ia menggunakan produk akhir suatu system berbasis computer. Jadi, EUC adalah pengembangan seluruh atau sebagian system berbasis computer oleh para pemakai.

18. Apakah menurut Anda manajer pada pertanyaan No. 17 mengerti computer? Mengerti informasi? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena selama awal 1980-an, dampak dari program-program pendidikan computer di tingkat universitas dan pra-universitas sangat terasa. Berbagai tingkatan manajemen, terutama di tingkat bawah, mulai diisi oleh orang-orang yang mengerti computer.

19. Sebutkan tiga pendekatan yang digunakan untuk menimbang-nilai system EDP. Dua pendekatan manakah yang paling berhasil?
Jawab :
Peningkatan efisiensi atau pengurangan investasi
Menerapkan laporan yang baru kemudian membandingkan laba pada periode selama laporan tersebut digunakan dengan laba periode sebelumnya.

20. Mengapa sukar untuk menimbang-nilai subsistem CBIS yang berorientasi informasi, seperti SIM atau DSS?
Jawab :
SIM atau DSS dapat menghsilkan laporan yang berharga, tetapi seberapa berhargakah laporan itu ? pertanyaan yang sama dapat diajukan untuk pesan surat elektronik atau konsultasi yang disediakan system pakar.

21. Apa saja lima tahap siklus hidup system? Apa peran spesialis informasi dalam tahap pertama? Peran manajer dalam empat tahap selanjutnya?
Jawab :
Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan, Penggunaan. Peran spesialis pada tahap pertama adalah mendukung, sedangkan peran manajer dalam empat tahap selanjutnya adalah mengendalikan.