Monday, April 16, 2007

TUGAS SIM BAB III hal. 70


1. Misalkan perusahaan-perusahaan tidak mencapai perdagangan melalui jaringan elektronik dalam arti terluasnya, yang mana dari delapan elemen lingkungan yang paling sering disertakan?
Jawab :
Elemen yang sering disertakan adalah Pemerintah

2. Apa yang menghalangi lebih banyak perusahaan untuk ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik?
Jawab :
Yang menghalangi lebih banyak perusahaan untuk ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik adalah :
Biaya tinggi
Masalah keamanan
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

3. Apa nama yang digunakan untuk informasi yang menjelaskan elemen-elemen lingkungan perusahaan?
Jawab :
Nama yang digunakan untuk informasi yang menjelaskan elemen-elemen lingkungan perusahaan adalah Intelejen

4. Apakah istilah Intelejen kompetitif dan Intelejen bisnis memiliki arti yang sama? Jelaskan.
Jawab :
Ya, karena sekarang pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi lingkungan merupakan aplikasi computer penting dalam banyak perusahaan diseluruh dunia. Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing perusahaan, sehingga tercipta istilah intelejen kompetitif dan bila didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi di semua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelejen bisnis.

5. Bedakan antara data primer dan data sekunder.
Jawab :
Kalau data primer dikumpulkan oleh perusahaan, sedangkan kalau data sekunder dikumpulkan oleh orang lain dan disediakan untuk perusahaan.

6. Bagaimana penyebaran intelejen bisnis dapat dibuat efisien?
Jawab :
Suatu pendekatan canggih untuk penyebaran yang dibuat efisien adalah dengan menyiapkan profil intelejen untuk tiap pemakai, yang menjelaskan dalam bntuk kode topic-topik intelejen yang ingin dipantau pmakai. Profil ini disimpan dalam computer, dan ketika datang sepotong intelejen yang cocok dengan profil tersebut, intelejen itu tersedia bagi pemakai. Teknik ini disebut penyebaran informasi selektif.

7. Database berbasis WEB apakah yang tersedia dari pemerintah federal yang mungkin membantu pemasar? Jelaskan data apa yang mungkin dicari pemasar. Bagaimana seseorang di bagian sumber daya manusia dapat menggunakan database pemerintah?
Jawab :
Database EDGAR. Data dan pelayanan data bagi perusahaan-perusahaan. Seseorang di bagian sumber daya manusia dalam perusahaan dapat masuk ke catatan-catatan Security and Exchange Commission.

8. Dalam dua bentuk apakah penjual database komersial menyediakan produknya?
Jawab :
LEXIS-NEXIS (WWW.LEXIS-NEXIS.COM) menyediakan informasi hukum, keuangan, dan pemerintah dari sumber yang sangat beragam. Dialog (WWW.DIALOG.COM) meliputi berita, bisnis, pemerintah, dan sumber-sumber lain.

9. Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi dalam IOS? Apa nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi?
Jawab :
Nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpastisipasi dalam IOS adalah Mitra dagang atau Mitra bisnis, sedangkan nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi adalah Sponsor IOS.

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah pengisian kembali oleh penjual (vendor stock replenishment-VSR). Apa dampaknya, jika ada, pada keamanan komputer perusahaan?
Jawab :
Bila IOS memiliki kemampuan pengisian kembali persediaan oleh penjual, penjual, atau pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Ini mengharuskan perusahaan untuk memberikan akses database bagi pemasok. Agar lebih terlindung, perusahaan mungkin membuat salinan dari bagian database yang kurang sensitive dan membolehkan pemasok mengakses salinan tersebut dari pada system database perusahaan. Ketika persediaan untuk suatu jenis barang mencapai titik pemesanan kembali, pemasok secara otomatis menciptakan pesanan pembelian dan memenuhi pesanan tersebut.

11. Jelaskan perbedaan antara manfaat langsung dan tidak langsung EDI.
Jawab :
Kalau manfaat langsung sering diukur dengan mata uang, dapat memberikan pertimbangan ekonomis yang kuat untuk menggunakan EDI, sedangkan kalau manfaat tidak langsung dapat juga dilihat oleh manajemen puncak sebagai alas an sesungguhnya untuk menyetujui strategi EDI.

12. Apa yang membedakan pemakai EDI tingkat tiga dengan pemakai tingkat satu dan tingkat dua?
Jawab :
Kalau pemakai tingkat tiga bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

13. Jelaskan perbedaan antara manfaat langsung dan tidak langsung EDI.
Jawab :
Kalau manfaat langsung sering diukur dengan mata uang, dapat memberikan pertimbangan ekonomis yang kuat untuk menggunakan EDI, sedangkan kalau manfaat tidak langsung dapat juga dilihat oleh manajemen puncak sebagai alas an sesungguhnya untuk menyetujui strategi EDI.

14. Bagaimana teknologi baru XML/EDI akan mengubah pertukaran informasi elektronis antar –perusahaan saat ini?
Jawab :
XML adalah perluasan dari hypertext markup language yaitu kode yang digunakan di sebagian besar halaman Web saat ini. Kemampuan XML dapat menyediakan struktur pemformatan file dan suatu cara untuk menjelaskan data dalam file itu. Karakteristik ini memungkinkan halaman Web melaksanakan banyak fungsi yang sekarang hanya dilaksanakan oleh EDI.dan kelompok pendukung XML yang vocal mempromosikan XML/EDI sebagai platform yang akan membawa EDI kepada jutaan pemakai internet. Sebagai contoh (
WWW.ECEUROPE.ORG), suatu organisasi nirlaba yang bertindak sebagai titik temu bagi perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan perusahaan-perusahaan yang mengembangkan /menyediakan teknologi yang diperlukan oleh perdagangan melalui jaringan elektronik.

15. Pengaruh apa sajakah yang menentukan apakah suatu perusahaan akan menggunakan pertukaran data elektronis?
Jawab :
Pengaruh-pengaruh itu bersifat internal dan satu berasal dari lingkungan, yaitu :
Tekanan persaingan
Kekuasaan yang dilaksanakan
Kebutuhan internal
Dukungan manajemen puncak

16. Jenis penjual yang mana yang terlibat bila teknologi dari perdagangan melalui jaringan elektronik adalah sambungan langsung?
Jawab :
Jasa AT & T, GTE, MCI, dan sprint. Sirkuit-sirkuit itu berbentuk saluran dial-up atau pribadi dan dapat menggunakan beragam jenis sirkuit seperti serat-optik dan transmisi gelombang mikro.

17. Apa yang disediakan oleh penjual VAN?
Jawab :
Penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yng diperlukan untuk mengguanakan sirkuit itu bagi EDI.

18. Apakah internet sama dengan World-Wide Web? Jelaskan.
Jawab :
Tidak sama, karena kalau internet adalah nama yang diberikan pada koleksi jaringan computer terbesar disseluruh dunia, masing-masing terdiri dari jaringan-jaringan yang lebih kecil. Internet menyediakan struktur jaringan sedangkan W3 adalah ruang informasi di internet tempat dokumen-dokumen hypermedia disimpan dan dapat diambil melalui suatu skema alamat yang unik serta Web menyediakan metode untuk menyimpan dan mengembil dokumen-dokumennya. Internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan computer. W3 adalah kumpulan computer yang bertindak sebagai server internet yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan orang melihat teks, grafik, dan audio maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di Web.

19. Disebut apakah lokasi di WWW? Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB?
Jawab :
URL dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP

20. Apakah browser?
Jawab :
Browser adalah suatu system perangkat lunak yang memungkinkan kita mengambil hypermedia dengan mengetik parameter pencarian atau mengklik suatu grafik. Kemampuan ini membebaskan kita dari keharusan untuk mengetahui URL dari Web page yang berisi informasi yang kita butuhkan.

21. Apa yang perlu Anda ketahui agar dapat menggunakan FTP atau Gopher untuk mengambil suatu file dari internet?
Jawab :
URL dari situs Web tersebut

22. Apakah suatu firewall dibuat dari perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya? Jelaskan.
Jawab :
Firewall dibuat dari perangkat lunak yang merupakan suatu filter yang membatasi arus data antara jaringan internal perusahaan dan internet. Ide dibalik firewall adalah membangun satu pengaman untuk semua computer di dalam jaringan daripada pengaman tersendiri untuk tiap computer.

23. Jelaskan perbedaan antara internet, ekstranet, dan intranet.
Jawab :
Kalau internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi baik di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Sedangkan kalau intranet digunakan untuk komunikasi internal saja dan kalau ekstranet digunakan untuk komunikasi diluar perusahaan saja.

24. Jenis pemasaran apa yang paling baik untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari internet?
Jawab :
Jenis pemasaran Industrial

25. Mengapa pemasaran memperoleh manfaat paling banyak dari internet?
Jawab :
Karena dengan adanya internet kegiatan pemasaran atau para pemasar mendapatkan jalan masuk baru kepasar mereka.

No comments: